FOUNDER


MENDIDIK KHALIFAH MASA DEPAN

By : Hj. Proklawati Jubilea, SE.M.Sc. (JIBBS Founder)

“ kita ini khalifah, tapi seringnya kita nggak menyadari kalau kita ini khalifah. Sekarang ini “ke-Khalifah-an” malah dipegang bangsa Barat, sehingga dimana-mana Barat yang punya Style. Kalau kita nggak kaya Barat , kita malu,” Sesal Proklawati Jubilea, yang bersama keluarganya menjadi model cover edisi ini. “Padahal,” lanjutnya, “orang barat itu seharusnya malu. Tatanan masyarakat mereka hancur dengan bebasnya perzinaan, kriminalitas dan sebagainya, termasuk tidak adanya konsep keluarga sakinah dalam masyarakat mereka.

Atas keprihatinan itulah Mam Fifi, demikian ia biasa disapa, merintis dan memimpin Jakarta Islamic School (JISc) sebuah sekolah yang misinya melahirkan kembali generasi muslim sebagai Khalifah Fil Ardh. Merasakan sekian lama hidup di luar negeri, memang membuka mata Mam Fifi untuk memberi sumbangan berarti buat anak-anak di negeri ini. Menurutnya pendidikan di Indonesia harus bangkit. Apalagi Indonesia sebagai Negara yang mayoritas Muslim, seharusnya punya nilai-nilai kepemimpinan yang baik untuk diteruskan kepada generasi mendatang.

Yang dibangun oleh bangsa Indonesia, terutama umat Islam pada umumnya, adalah kepercayaan diri yang tinggi. Urai Ibu dari Ismail A. Adam, Syifa Sakinah Adam dan Zacharia A. Adam ini. “ Kita sebagai umat Islam harus Confidence. Confidence itu letaknya di hati, di pikiran, di akhlaq, perbuatan, pengetahuan, dan itu semua dikemas dalam aqidah yang benar” tegas Istri dari H. Hero E.A. Putra (JIBBS Founder) ini. Karena itu, wanita kelahiran Jakarta, 17 Agustus 1970 ini sangat ingin menjadikan sekolah-sekolah di Indonesia, Minimal untuk JISc, betul-betul berpegang teguh pada Islam. Jadi tidak hanya sekedar Go International, tetapi menerapkan aqidah yang baik. Masih soal pendidikan, Mam Fifi juga mengingatkan kembali akan peran seorang ibu sebagai pendidik utama.

Seorang ibu harus mengerti bagaimana mendidik anak sesuai dengan zamannya “seperti kata Rasulullah,”Didiklah anakmu sesuai dengan zamannya” Ujar Master Of Human Resource Development ini. “Nah, Bagaimana ibu bisa menjadi solusi bagi anaknya, kalau anak lebih percaya pada temannya atau lingkungannya. Terus terang saya cemburu sama guru-guru karena banyak sekali anak-anak yang lebih senang sama gurunya daripada dengan orangtuanya” lanjutnya.

Jadi, kata Mam Fifi lagi, seorang ibu itu semestinya lebih baik daripada guru. Itulah sebabnya seorang ibu itu harus mengetahui banyak hal “ Tips saya untuk ibu-ibu, banyaklah membaca, Go Internet, Positive Thinking, jangan banyak gossip dan jangan habiskan waktu, maaf, nonton sinetron lah, belanja lah. Itu boleh boleh saja, sebenarnya. Tapi jangan menghabiskan untuk itu, karena kalau anak-anak nggak kita pegang, siapa lagi jadikan anak-anak kita itu nyaman dengan kita. Dan jadikan kita sebagai solusi bagi anak-anak kita” pungkasnya.

Untuk membaca artikel-artikel pendidikan beliau silahkan lihat di website:

  1. Bunda Fe
  2. Mam Fifi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s