APCEIU Photo Class

UNESCO-APCEIU (1)Jakarta, 23 November 2013. Dua orang siswa JIBBS, yaitu Khatir Rabbani Darussalam, dan Toha Azzam Ahmad mendapatkan kesempatan mengikuti acara internasional, APCEIU Photo Class yang diselenggarakan oleh UNICEF yang kali ini dilaksanakan di Indonesia. Acara ini dihadiri oleh partisipan-partisipan yang berasal dari dua negara, yaitu Korea dan Indonesia.

foto UNESCO“Pengalaman ini sangat menarik, saya mendapatkan banyak eksperimen yang baru.” ujar Khatir. Disana memang banyak kegiatan yang seru. Pada hari pertama saja mereka melakukan cultural exchange atau semacam tukar-menukar budaya, khususnya permainan-permainan tradisional, baik dari Indonesia maupun dari Korea. Dari Korea, mereka membawakan semacam game yang bernama ‘Pengi’, semacam permainan bola bekel Indonesia, hanya saja mempunyai sedikit perbedaan dari segi bentuk permainannya. Begitu pula dengan Indonesia yang membawakan; Congklak, Ular Naga, dan yang ketiga ini adalah permainan khas dari JIBBS, Panco Sarung. Permainan yang dulunya hanya ada di JIBBS, sekarang sudah mendunia.

Toha dan hasil karyanya - photo exebhition (SEASPF-UNESCO)Tetapi, inti dari acara ini bukan untuk itu saja, tapi sesuai dengan judul acaranya saja sudah terlihat, bahwa ini adalah Photo Class, jadi ini terkait dengan kegiatan fotografi. Dari 24-25 November, para partisipan dengan guru-guru mereka mengunjungi berbagai tempat yang cukup ternama di Indonesia, seperti; Kota Tua, Taman Mini Indonesia Indah, Satu Babakan. Mereka pun memulai aksinya, yang tidak lain adalah mengambil, menjepret, mencetak foto. File-file JPG pun terisi penuh di micro SD mereka.

Khatir dan foto hasil karyanya - photo exebhition (SEASPF-UNESCO)Setelah itu, hasil-hasil foto mereka di seleksi oleh tim juri. Alhasil, dari ribuan foto yang diserahkan oleh masing-masing peserta, hanya 8 foto yang terpilih untuk di pamerkan. Dan Alhamdulillah, acara pun diakhiri dengan pembagian sertifikat, dan foto bersama.

Merupakan sebuah kebanggaan JIBBS bisa mengikuti kegiatan ini. Apalagi, JIBBS adalah satu-satunya sekolah Islam yang dipercaya untuk ikut serta dalam program ini. Harapannya semoga tahun depan JIBBS bisa kembali mengikuti kegiatan tersebut dengan jumlah yang lebih banyak lagi. Amiin.. (Zidni/IX)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s