Hikmah di balik ketakwaan

944368_4913272352386_2077496638_nPada bulan Juni 2013, sekolah JISc mendapatkan kesempatan untuk mengirim siswa-siswanya sebagai perwakilan indonesia untuk mengikuti kongres ASEAN, sekolah yang berpusat di Kalimalang ini mengirimkan 8 orang, dan salah satunya adalah murid JIBBS, Bardan Rayhan Ibrahim. Siswa JIBBS kelas XI ini sangat antusias dalam mengikuti acara ini, bahkan dia pun ingin mengikuti lagi jika mendapat kesempatan kedua.

Pada Hari Selasa, 26 November 2013. Salah seorang wartawan sekolah kita akhirnya berkesempatan untuk mewawancarainya.

Berikut sesi Tanya jawab pers dengan teman kita, Bardan:

Apa sih yang di bahas disana?

Ya,disana kita ngebahas tentang budaya negeri masing-masing, soal remaja, dan tempat wisata yang berada dari negeri asal. Sebenernya sih itu bukan rapat formal gitu ya… tapi semacam sharing-sharing aja.. Asik sih..

Apakah ada hal lain yang antum lakukan disana selain sharing-sharing?

Kemaren juga saya menampilkan silat, dan menjadi pianis untuk ngiringin lagu yang ditampilkan oleh anak-anak JISc

Gimana tegang gak tuh? Nampilin di depan banyak orang?

Pas silat sih tegang, tapi pas main piano sih agak relaks walaupun banyak yang salah nadanya.

Wah! Dapet penghargaan gak sih?

Hmm.. kalo penghargaan sih gak dapet.. tapi semua Negara dapet piagam masing-masing. Dapet penghargaan sih nggak, tapi ada satu kalimat yang bikin ane semangat, “Jadikan dia mantu saya.”

Wah! Keren banget tuh!

Iya sih, gak nyangka juga..

Kira-kira antum bakal kepilih lagi gak?

Ane sih gak tau kalo bakal ada ginian lagi, tapi yang jelas kalo ada lagi, pengen banget ikut lagi..

Antum hebat ya.. bisa sampe kepilih ngewakilin kongres. Apa sih rahasianya?

Ane sih ya.. kuncinya.. Ane tuh gak pernah lepas dari solat, ane gak pernah lepas dari al-quran sampe sekarang, ane gak pernah lepas dari zikir, dan satu lagi! Jangan lupa doain orang tua!

(Banyak mimpi-mimpinya yang tercapai karena sering membaca Al-Qur’an. Murid yang tidak pernah lepas dari penutup kepala itu (peci), pernah bercerita tentang mimpinya/cita-citanya untuk pergi ke Amsterdam, dan beliau pun berniat untuk menyelesaikan Al-Qur’an, tanpa di sangka-sangka mimpinya pun terwujud, akhirnya dia mendapatkan kesempatan untuk pergi ke ‘Negeri kincir angin’ itu! Tentunya sesuai dengan firman Allah juga “Barangsiapa yang bertaqwa kepada Allah nescaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangka.” (At-Talaq: 2-3). Sungguh, janji Allah itu pasti akan ditepati.)

Selain di JIBBS, antum nuntut ilmu dimana lagi, yang jelas bukan di JIBBS doang kan?

Hmm.. Ane latihan taekwondo di Trisakti, terus ane selalu menuntut ilmu sama ibu, sering ngebahas tentang sesuatu, tapi masalah remaja, bukan masalah anak kecil.

Antum kan bisa sampe sukses gini, yang pastinya antum punya kata-kata penyemangat kan? Kalo boleh tau apa tuh kata-kata motivasi yang bisa menyemangati siswa-siswa smp?

Nih kata mutiaranya, “Biqodarii Maa Ta’tanii Tanaalu Maa Tatamannaa”

Wah, apa tuh artinya?

Artinya, “Sejauh-jauh ente berjuang, segitu yang ente dapet.” Jadi kita kalo berjuang jangan setengah-stengah, langsung penuh aja. Emang dikirain ane ngikut taekwondo main-main doang, ane serius, dan ane tuh malu banget pas ane gagal.. Pas main piano ane salah nadanya, ane tuh malu… jadi kalo berjuang tuh jangan setengah2… itu intinya..

Wah, ane terharu banget kak, semoga ini bisa menjadi motivasi bagi yang lainnya juga..

Dan, semoga dengan antum berbagi pengalaman seperti ini, antum bisa menjadi tambah pintar, sukses, dan soleh.. Amiiinn..

Demikian wawancara ini berakhir, tidak terasa waktu yang cukup lama ini, berlangsung begitu cepat. Ada banyak sekali hikmah di balik cerita keberangkatanya mengikuti ajang bergengsi ini. Satu poin yang paling penting adalah bagaimana kedekatanya dengan Allah membawanya mencapai setiap prestasi-prestasi yang dia dapatkan. Semoga hal itu bisa menjadi hikmah kepada kita untuk selalu mendekatkan diri kepada Allah. (Zidni/IX)

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s