One Day Observation at ASTI

IMG01371-20130112-0855Banyaknya bencana yang melanda belakangan ini tak lepas dari campur tangan dan ulah dari manusia itu sendiri yang tidak perduli dengan alam disekitarnya. Budaya membuang sampah sembarangan, pembukaan lahan hutan secara besar-besaran, dan perburuan hewan-hewan secara membabi-buta telah menyebabkan rusak dan hilangnya fungsi-fungsi dan peran komponen-komponen alam. Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa Allah SWT menciptakan setiap makhluk yang ada di bumi ini dengan perananya masing-masing, yang jika peranan itu rusak atau hilang maka akan memicu ketidakseimbangan alam. Oleh karenanya sangat penting untuk menjaga kelestarian setiap komponen alam agar peran yang diamanahkan kepadanya bisa berfungsi secara maksimal.

IMG01364-20130112-0802Atas dasar pemikiran tersebut, Secondary JIBBS menganggap sangat penting untuk menanamkan pada diri setiap calon pemimpin bangsa kesadaran akan pentingnya kelestarian alam, dalam hal ini khususnya adalah hewan-hewan yang ada di Indonesia. Karena rakyat di Negeri ini bukan hanya manusia, tetapi juga termasuk di dalamnya hewan-hewan yang Allah ciptakan dengan peran khusus, dan satu sama lain saling berkaitan. Untuk menanamkan kesadaran tersebut kami bekerjasama dengan salah satu lembaga independen  yang bergerak aktif dalam hal konservasi satwa-satwa endemik Indonesia ASTI (Animal Sanctuary Trust Indonesia), dengan menerjunkan beberapa Student Leader untuk melakukan observasi dan mempelajari peran-peran satwa dan pentingnya keberadaan mereka di alam liar. Observasi ini dilakukan selama sehari penuh pada hari Sabtu 12 Januari 2013. Pada hari tersebut mereka diajak untuk terjun langsung mengenal lebih dekat satu persatu satwa penghuni ‘kampus’ ASTI, selain itu juga mereka ikut memilah, menimbang dan memberikan makan, juga ikut membersihkan kandang.

IMG01366-20130112-0840Tidak hanya observasi, hari berikutnya giliran ASTI yang mendatangi JIBBS untuk memberikan seminar tentang Konservasi Satwa Endemik Indonesia. Seminar yang belangsung selama dua jam ini berlangsung seru dan sangat interaktif, sangat terlihat antusiasme dari para siswa terhadap materi yang disampaikan, dan sesekali diselingi dengan kuis dengan hadiah souvenir  T-shirt ASTI. Semoga program ini mampu memberikan bekas di hati para calon pemimpin bangsa, agar kelak ketika mereka menjadi pemimpin mereka juga memperhatikan kelestarian alam dengan program-program yang nyata.

IMG01375-20130112-0901IMG01396-20130113-1013IMG01408-20130113-1134

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s