The Last Journey

of  the 6th Student Orientation Day

Pengarahan persami sebelum keberangkatan menuju bumi perkemahan yang telah di sediakan

Satu minggu bagi siswa JIBBS lama  mungkin merupakan suatu hal yang biasa, namun lain halnya bagi siswa baru JIBBS, satu minggu mungkin akan terasa sangat lama bagi sebagian dari mereka, cucuran airmata, tatapan kesedihan, hingga tangisan kerap terdengar di setiap pojok kampus orance ini, ketika orang tua yang kerap menemani mereka, kini mereka harus belajar hidup mandiri, ketika fasilitas dirumah serba ada, kini mereka dituntut untuk merasakan hidup sederhana, banyak hal lagi yang membuat mereka bersedih. Namun para guru, pengurus dan seluruh panitia SOD tidak membiarkan hal itu berlangsung lama, memang tidak mudah namun dengan kesabaran, kerja keras, dan doa alhamdulillah semua permasalahan itu sedikit demi sedikit dapat kita diatasi bersama.

Tak terasa hari demi haripun berlalu, tiba saatnya siswa harus melalui tahap akhir dari program SOD 2010 yang di adakan oleh JIBBS, yaitu dengan mengikuti program persami (perkemahan sabtu minggu) yang di pimpin langsung oleh pembina pramuka JIBBS kak Zaenal Arifin. Tahap akhir tentunya menjadi tahap yang tersulit bagi siswa baru JIBBS, namun dengan kekuatan tekad, kebersamaan, dan kerjasama yang di bangun diantara siswa baru alhamdulillah, pada akhirnya mereka pun dapat melalui ujian itu dengan mudah, tanpa ada permasalahan yang berarti.

Kak Zaenal berfose bersama panitia persami SOD ke – 6 JIBBS







Berkerja sama dalam mendirikan tenda yang di lakukan pada malam hari merupakan pekerjaan yang sulit namun dengan kerjasama team pada akhirnya merekapun mampu melakukanya dengan baik.



Tugas berat yang di berikan tidak menghalangi peserta untuk sekali-kali mengeluarkan canda tawanya sebagai penghilang rasa capek dan dinginya cuaca bumi perkemahan.




Masak-masak sendiri…tidur tidur sendiri…mungkin itu lagu yang cocok untuk siswa SOD yang sedang menjalani masa akhirnya di progam SOD k-6 JIBBS. Walaupun masakanya hasil dari tangan mereka sendiri ternyata tak kalah enak loh masakanya dengan ibu-ibu dapur JIBBS….mak nyosss…


Siswa mempersiapkan ruhiyahnya dengan membaca al-matsurat sebelum dimulainya acara Siahah (berjalan pada malam hari) setelah sebelumnya di awali dengan shalat tahajud terlebih dahulu. Program ini bertujuan sebagai suatu bentuk pendidikan mental bagi siswa baru agar, tidak ada yang mereka takuti selain Allah SWT tuhan semesta alam.

Para punggawa JIBBS yang berada di belakang kesuksesan acara persami SOD ke-6. Mereka berani menembus kegelapan, menghalau dinginya malam demi menyambut para calon kholifah yang sebentar lagi akan bergabung di kawah candra dimuka JIBBS.

Para Ustadz dan seluruh panitia bahu membahu menyukseskan acara ini. walaupun harus bekerja hingga larut malam dan meninggalkan keluarga di rumah namun para ustadz tidak kalah semangatnya dengan para panitia siswa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s