Dari Puncak Turun Ke Monas

( 3 Mei 2010, Aksi Solidaritas Untuk Rakyat Palestina)

Bogor; sebuah informasi masuk via sms, bertuliskan ”Mari bergabung bersama ormas masyarakat dan para tokoh ummat Islam dalam Aksi Solidaritas untuk Rakyat Palestina di Monas, 3 Mei 2010 jam 13.00 – 16.00, siapkan dana untuk saudara kita di Palestina”.

Pemberitaan di berbagai media memperkuat informasi atas penyerangan Israel terhadap rombongan kapal Mavi Marmara yang membawa bantuan kemanusiaan untuk rakyat Palestina, membuat masyarakat dunia mengutuk atas sikap Israel tersebut. Dan aksi protes pun merebak di berbagai negara, termasuk dinegeri ini yang dihuni umat Islam terbesar didunia.

Tergerak hati sekelompok siswa SMP JIBBS yang terletak di wilayah puncak Megamendung-Bogor, untuk ikut bergabung. Mereka berpadu dengan barisan mahasiswa Universitas Djuanda, Himpunan Remaja masjid serta Partai politik dalam sebuah bis yang akan menghantarkan mereka ke Monas.

Tepat waktu shalat dzuhur, rombongan melakukan shalat disalah satu tempat pemberhentian pinggir jalan tol Jagorawi. Setelah membeli perbekalan sekedarnya, rombongan pun kembali melanjutkan perjalanan. Selama perjalanan terlihat beberapa mobil dan bis yang dengan tujuan yang sama, baik dari arah luar daerah maupun dari wilayah dalam kota.

Setiba di lokasi acara sedang berlangsung dan kami pun berbaur dengan masa yang sudah memadati wilayah Monas. Beberapa siswa berinisiatif membawa spanduk yang bertuliskan ”Israel is The Real Teroris !! Egypt open your eys for Palestinian People !!. Mereka merangsek masuk mendekati panggung yang saat itu sedang berorasi DR. Hidayat Nurwahid dan beberapa tokoh lainnya yang menyuarakan kecaman dan kutukan terhadap Israel. Dan meminta agar pemerintah bersikap tegas dan bertindak real dalam mensikapi penjajahan Israel terhadap rakyat Palestina dengan menutup jalur diplomasi, memberikan sangsi berat terhadap Israel dan mendukung kebebasan Negara Palestina merdeka di Dewan Keamanan PBB.

Aksi berlanjut dengan melakukan long mach yang diikuti 100 ribu masa yang memadati jalan Sudirman. Dengan meneriakan Israel teroris..Israel teroris.. Palestina bebaskan.. dan diiringi syair- syair penyemangat, membuat perjalan puluhan kilo meter itu tak terasa. Tampak ditengah-tengah lautan massa, siswa JIBBS terus berjalan dengan semangat mengankat spanduk dan berteriak mengikuti aba-aba suara dari mobil sound. Yang membuat hati mereka bergetar ketika menyebut Asma Alloh dan miris ketika pembantaian yang tak berhujung bagi anak-anak seusia mereka di negeri yang menjadi kiblat pertama umat Islam; Masjidil Aqsha.  Siswa pun tak segan mengeluarkan uang mereka untuk disumbangkan bagi anak-anak Palestina. Dan Aksi pun berakhir dengan kembali ke Monas tepat jam 16.00, ada kesan positif dihati siswa JIBBS.  ”.. Untukmu jiwa dan darah kami wahai Al Aqsha mulia”.. ( by Sandi)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s