Perjuangan tahap akhir angkatan 3 SMP JIBBS

Alhamdulillahirabbialamin…

Ini kata yang paling ingin saya ucapkan pada siang tadi. Ya! Hari ini saya sudah merampungkan semua sidang akhir dan itu berarti saya sudah melengkapi semua syarat kelulusan.

Sidang akhir adalah salah satu keunikan dari SMP JIBBS, kenapa saya bilang unik? Karna saya tidak pernah menemukan sekolah yang meemberikan syarat kelulusan seperti ini. Perlu anda ketahui, sidang akhir ini adalah syarat kelulusan utama setelah UN. Sidang ini terdiri dari 3 subsidang, pertama adalah sidang English yang kedua sidang Science dan yang terakhir adalah sidang Islamic. Ok saya akan jelaskan satu per satu ya!!!

Pada sidang English setiap siswa harus menjelaskan sub bagian dari Part of Speech yang telah ditentukan sebelumnya oleh guru bahasa inggris. Pada sidang ini saya mendapat bagian noun. Berlanjut ke sidang Science, di sidang science setiap siswa diwajibkan membuat karya ilmiah yang teori dasarnya itu berdasarkan teori ilmiah yang pararel dengan ayat Al-Quran atau hadis Rasul SAW. Pada sidang ini saya memilih materi yang cukup umum, saya menjelaskan tentang lebah madu.

Lalu sidang terakhir adalah sidang Islamic, sidang Islamic juga terbagi 3 yang pertama sidang Tahfiz lalu Arabic dan terakhir hadist. Menurut saya hal yang paling membuat pusing pada sidang ini adalah tahfidz, karna di sidang ini siswa akan ditanya secara acak hafalan 5 juz nya. Kalau sidang hadist menurut saya ini lumayan mudah, karna siswa hanya diwajibkan menghafal hadist yang telah ditentukan beserta artinya dan pelajaran yang terkandung di dalamnya. Terakhir sidang arabic, pada sidang ini setiap siswa diwajibkan untuk membuat presentasi tentang hal-hal yang menyangkut pada Islam tapi semua penjelasan dan presentasinya harus menggunakan bahasa arab.

Yang pasti seluruh siswa harus mempertanggungjawabkan semua yang mereka tulis pada bagan presentasinya dan setiap mereka menyelesaikan presentasi mereka akan mendapat pertanyaan dari masing-masing guru penguji. (By : Miqdad Darmawan, Admin 2)

Suasana sidang Bahasa Inggris, mempertanggung jawabkan kemampuan siswa dalam berbahasa Inggris selama 3 tahun. Bahasa Inggris yang menjadi bahasa pergaulan international menjadi salah satu prioritas utama SMP JIBBS

Ahmad Maududi dan Ismail Shodiq salah satu peserta sidang International subject Bahasa Inggris berpose bersama sebelum memberikan persentasi bahasa Inggris nya.

Berpose bersama dengan pembimbing sidang bahasa Inggris ustadz Bambang Hermawan sesaat setelah sidang berlangsung

Suasana penyampaian materi sidang oleh peserta sidang (Hariz Bayu Wicaksono dan Ahmad Farid)

Suasana sidang akhir Tahfidz 6 juz

Para juri sindang akhir Tahfidz 6 juz tingkat SMP (atas ke bawah: ustadz Yadi Fahmi Arifudin, S.S.I., usatadz Marjuzi Samin S.S., ustadz Fauzi Rijal Kholik S.S.I.)

suasana sidang bahasa arab siswa diwajibkan memakai gamis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s