Daurah Pemuda Cinta Rasul

Banyak pemuda Indonesia yang tahu siapa itu Rasulullah, walaupun pada umumnya mereka adalah umat Islam. Namun sangat jarang sekali dari mereka yang menjadikan Rasulullah suri taulandan dalam kehidupanya. Banyak dari mereka yang lebih mengetaui idola  sepak bolanya atau pun artis lebih dalam dibandingkan Rasulullah SAW. Oleh karena itu, kehidupan remaja Indonesia sekarang ini pada umumnya sangatlah jauh dari nilai-nilai Islam. Mulai dari pacaran hingga perbuatan yang sangat dilarang dalam agama Islam seperti zina dan minum-munuman keras, walaupun kebanyakan dari mereka adalah para pelajar.

Prilaku-prilaku yang mengerikan itu tentunya manjadi hal yang sangat memprihatinkan. Rasulullah bersabda:Baca Selengkapnya “Akan datang suatu masa dimana seseorang menggenggam Islam bagaikan menggenggam bara api”.  Hadist itu menggambarkan kepada kita bahwa pada saat itu untuk menjadi seorang yang shaleh menjadi suatu hal yang sangat sulit, sehingga orang yang memegangnya dengan kuat akan terbakar karena penolakan-penolakan yang muncul di masyarakat yang sudah jauh dari nilai-nilai Islam. Dan hal itu telah terjadi di tengah-tengah kita, baik di Indonesia maupun di seluruh dunia. Hari ini orang yang melaksanakan ajaran Islam dengan baik akan di anggap sebagai seorang terrorist. Sedangkan Israel, terorist sebenarnya dianggap sebagai para pembela kebenaran.

Oleh karena itu untuk memperingati  Maulid Nabi SAW. JIBBS mengadakan acara khusus yang bertemakan Daurah Pemuda Cinta Rasul.  Berbeda dengan acara-acara  yang diadakan oleh masyarakat luas, yang cenderung mengadakan ceramah-ceramah umum tentang Rasulullah,  yang bersifat monolog, sehingga terkadang acara tersebut kurang berpengaruh pada diri maysarakat itu sendiri, dengan tema yang sama dan lebih kepada hiburan semata. Akan tetapi acara ini lebih ditekankan kepada dialog interaktif antara siswa dan pembicara, dan para pembicarapun adalah pembicara profesioal di bidangnya, sehingga siswa benar-benar mendapatkan Ilmu dari setiap pertanyaan yang di ajukan. Temanya pun bervariatif mulai  dari mencintai Rasulullah dengan al-Qur’an hingga menggali potensi diri menjadi muslim sejati.

Selain itu acara ini pun di lengkapi dengan berbagai macam game-game baru, sehingga walaupun acara ini dilaksanakan  seharian siswa tidak  merasakan bosan ataupun lelah. Selain itu acara ini pun dilaksanakan langsung oleh para siswa JSO (JIBBS Student Organization) / OSIS yang terdiri dari kelas 8 di bantu oleh para kakak kelasnya dari mulai mempersiapkan proposal, membuat acara, mendekorasi tempat, mempersiapkan konsumsi peserta, konsumsi panitia, konsumsi pembicara, MC (master of chairman), tilawah, hingga moderator dalam acara tersebut. Hal tersebut merupakan suatu bentuk pendidikan kepribadian, untuk melatih keberanian siswa sebagai seorang calon khalifah yang harus siap memimpin dan dipimpin. Dan Alhamdulillah atas izin Allah acara tersebut terlaksana dengan baik dari awal hingga akhir acara.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s